Arti Peribahasa Hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai

Kali ini Kita akan membahas peribahasa yang sangat populer, saking populernya sejak kecilpun Kita sudah sering mendengar peribahasa ini yaitu "hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai". Ya betul, peribahasa tersebut sering diungkapkan oleh orang tua Kita untuk menasehati anaknya dan peribahasa ini sering sekali terungkap di dalam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Makna dan tujuan dari peribahasa ini sangatlah bagus dan bermanfaat sebagai pegangan hidup Kita. Arti dari peribahasa ini sama persis dengan arti secara harfiah dari kata-kata yang menyusunnya. Baiklah yuk Kita lihat contoh-contoh kalimat yang menggunakan peribahasa hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai" berikut ini.

Kata-kata "Hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai" termasuk ke dalam peribahasa di dalam Bahasa Indonesia. Arti peribahasa "hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai" dalam Bahasa Indonesia memiliki 1 buah definisi.

  1. (peribahasa) Arti peribahasa "hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai" adalah orang yang hidup hemat akan menjadi kaya, orang rajin belajar akan menjadi pandai. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan peribahasa hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai.
    • Sejak kecil Ibu Saya sering menasehati Saya untuk rajin belajar supaya Saya pintar dan dapat rangking yang bagus di sekolah, Beliau selalu mengingatkan Saya dengan peribahasa hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai.
    • Jika Kamu ingin menjadi orang yang kaya, maka biasakanlah berhemat mulai dari kecil jangan suka boros, ingatlah pada pepatah hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai.

Peribahasa adalah warisan kata-kata bijak yang sangat berharga dari nenek moyang Kita. Di dalam Peribahasa selalu terdapat pesan-pesan atau nasehat yang sangat bagus yang bisa Kita jadikan pegangan hidup, supaya Kita bisa lebih baik dalam menjalankan kehidupan ini. Mulai sekarang yuk Kita bersama-sama melestarikan warisan yang sangat berharga ini dengan cara menghafalkannya dan menggunkannya baik dalam percakapan Kita sehari-hari mapun dalam karya tulis Kita.

Peribahasa yang Mengandung Kata "hemat" atau "pangkal"

Berikut ini adalah beberapa peribahasa yang mengandung kata "hemat" atau "pangkal" beserta artinya.

  • hulu malang pangkal celaka (peribahasa) artinya asal suatu kecelakaan.
  • kita di pangkal merawal dia di ujung merawal (peribahasa) artinya tanggungan kita lebih berat daripada tanggungannya'.
  • bertopang pangkal seia (peribahasa) artinya berbantah dapat menjadi dasar mencapai persetujuan.
  • hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai (peribahasa) artinya orang yang hidup hemat akan menjadi kaya, orang rajin belajar akan menjadi pandai.
  • bagai dekan di bawah pangkal buluh (peribahasa) artinya seseorang yang pandai menyimpan rahasia.

Itulah penjelasan mengenai arti, makna dan pengertian dari peribahasa "Hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai" dalam Bahasa Indonesia. Silahkan untuk dipraktekkan dalam percakapan sehari-hari. Semoga bermanfaat!